WASPADA, BMKG Peringatkan Bahaya Hujan Deras di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

- 23 Maret 2024, 20:14 WIB
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada dampak dari hujan deras di seluruh wilayah Indonesia.
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat agar tetap waspada dampak dari hujan deras di seluruh wilayah Indonesia. /Pixabay/

BAGIKAN BERITA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan sedang hingga lebat yang akan disertai petir pada Minggu ini untuk beberapa wilayah di Indonesia. Wilayah-wilayah yang tercakup dalam peringatan ini termasuk Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

BMKG juga memberikan peringatan serupa untuk Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan. Selain itu, diperkirakan hujan lebat akan terjadi di Lampung dan Sumatera Utara.

Selanjutnya, BMKG juga mengingatkan tentang risiko hujan disertai petir kilat yang berdurasi singkat di beberapa wilayah seperti Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: EIGER Adventure Ajak Semua Bersatu Kembali di Bulan Ramadan dengan Tagar #MariKembali

Sebagian besar kota di Indonesia diperkirakan akan berawan pada siang hari, termasuk Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, dan Manado. Sedangkan beberapa kota lainnya diperkirakan akan berawan sepanjang hari, seperti Mamuju, Palembang, dan Serang.

Ada juga sebagian kecil kota yang berisiko hujan petir pada siang hari, seperti Kupang, Bandar Lampung, dan Pontianak. Pontianak juga diperkirakan akan diguyur hujan petir pada dini hari.

BMKG memperkirakan hujan ringan akan turun di sejumlah kota seperti Medan, Padang, Kendari, Pekanbaru, Manokwari, Gorontalo, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, dan Jayapura.

Khusus untuk Jayapura, diperkirakan hujan akan terjadi dari siang hingga dini hari, dengan intensitas hujan ringan pada siang dan dini hari serta hujan sedang pada malam hari.

Baca Juga: Tokocrypto Catat Lonjakan Aktivitas Trading secara Signifikan selama Bulan Ramadan 1445 H

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x