Siaga! Guguran Gunung Merapi Mulai Masuk Kali Senowo dan Apu

- 15 November 2020, 09:52 WIB
Gunung Merapi Level Siaga
Gunung Merapi Level Siaga /Twitter.com/@jalinmerapi

BAGIKAN BERITA - Status Gunung Merapi kini ditingkatkan dari level waspada menjadi siaga. 

Hingga kini, Gunung Merapi terus menunjukkan aktifitasnya. Warga DI Yogyakarta dan sekitarnya kerap mendengar suara gemuruh di duga berasah dari dalam gunung. 

Bahkan, Gunung Merapi mulai mengeluarkan guguran material ke Kali Senowo, sebagian masuk Kali Apu di Klakah, Kabupaten Boyolali. 

Baca Juga: Update Harga Emas Antam 24 Karat Pegadaian Hari Ini Minggu, 15 November 2020, Waktunya Investasi

"Guguran bisa terdengar, kalau kabut hanya bisa terlihat. Kalau cerah itu kadang terlihat gugurannya," ungkap Staf Ahli Geologi Gunung Api BPPTKG Yogyakarta Ir Dewi Sri Sayudi sesuai sosialisasi bahaya Merapi di Baledesa Jrakah, Sabtu 14 November 2020. 

Pihaknya mengimbau masyarakat yang dekat dengan kawasan lava ikut memantau aktivitas Merapi sekarang ini. Guguran apa sudah terjadi insentif, selain itu harus siaga menghadapi potensi erupsi Merapi. 

"Masyarakat ini kunci keberhasilan penanganan bencana Merapi. Evaluasi akan semakin detail kalau ada tambahan informasi dari masyarakat," jelasnya dikutip Bagikan Berita dari RRI. 

Baca Juga: Jadwal BLT Subsidi Gaji Gelombang 2 Siap Cair ke Bank BRI, BNI, Mandiri, BCA dan CIMB Niaga : Catat

Dia juga menyampaikan, kegempaan Merapi seismisitas maupun kegempaan deformasi masih meningkat. Peningkatan aktivitas setiap hari terjadi.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x