Atas Permintaan Ganjar Pranowo, Akhirnya Luhut Tunda Rencana Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu

- 9 Juni 2022, 18:44 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut tunda kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur.
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut tunda kenaikan harga tiket masuk Candi Borobudur. /dok. Pemprov Jateng

BAGIKAN BERITA - Setelah mendapat tawaran dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya menunda rencana kenaikan harga Candi Borobudur Rp750 Ribu. 

Penyesuaian tiket naik ke Candi Borobudur tidak akan dibahas tahun ini, melainkan tahun depan. 

Ganjar Pranowo mengatakan, diperlukan beberapa langkah sebelum diberlakukannya kenaikan tarif. 

Baca Juga: Luhut Batalkan Kenaikan Harga Tiket Candi Borobudur Rp750 Ribu, Ditunda hingga Tahun Depan

Apalagi, banyak masyarakat yang melayangkan protes.

Ia mengusulkan kepada Menko Marves untuk menunda rencana tersebut. Penetapan tarif naik ke Candi Borobudur perlu dikaji lagi bersama pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Balai Konservasi Borobudur.

“Saya sampaikan kepada beliau, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau setuju. Ini soal tarif jangan tanya dulu, di tunda dulu, dan memang TWC (Taman Wisata Candi) sama balai sedang komunikasi, maka masyarakat tidak perlu resah. Itu penting untuk disampaikan,” ucap Ganjar.

Baca Juga: Netizen Geram dengan Seungri eks BIGBANG, Masa Tahan Lebih Singkat untuk Bebas

Dalam penjelasannya, penataan di kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan. Oleh karena itu perlu dicarikan cara terbaik untuk mengatur wisatawan yang ingin naik ke Candi Borobudur, seperti halnya kebebasan maupun tarif masuk.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x