Mencabut Bulu Ketiak Ternyata Sunnah Nabi SAW, Bisa Meningkatkan Percaya Diri

- 1 Desember 2020, 14:28 WIB
Ilustrasi mencabut bulu ketiak.
Ilustrasi mencabut bulu ketiak. /Pixabay

BAGIKAN BERITA - Manusia selalu ingin tampil cantik atau tampan. Kadang, bulu ketiak yang terlalu lebat bisa mengganggu. 

Ketiak yang lebat, bisa membuat bau badan tak sedap. Dengan begitu, akan membuat rasa percaya diri berkurang. 

Apalagi, jika Anda memiliki aktivitas yang berat, pastinya keringat di ketiak akan keluar nanya dan menimbulkan bau badan. 

Baca Juga: Live Streaming Sinetron Ikatan Cinta RCTI Malam Ini, Aldebaran Akhirnya Mau Menyuapi Andin

Dikutip dari buku Fiqih Perempuan, Karya Muhammad ‘Athiyah Khumais, Penerbit Media Da’wah, para ulama fiqih sepakat, mencabut bulu ketiak hukumnya sunah bagi laki-laki dan perempuan.

“Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” Zakaria berkata bahwa Mu’shob berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur,” (HR. Muslim no. 261, Abu Daud no. 52, At Tirmidzi no. 2906, An Nasai 8/152, Ibnu Majah no. 293)

Diceritakan oleh Yunus bin Abdul A’la, katanya, “Saya datang ke rumah Syafi’i, saya dapati di sampingnya berdiri seorang tukang rias sedang mencukur bulu ketiaknya. Maka berkata Syafi’i, ‘Saya tahu mencabut bulu ketiak hukumnya sunah. Tetapi, saya tidak kuat karena sakit’.”

Dalam buku tersebut dijelaskan, sebaiknya mendahulukan mencabut bulu ketiak yang kanan. Sebab, hadis Rasulullah SAW, yang menyatakan bahwa Nabi memulai sesuatu dengan yang serba kanan. Memakai terompah, berjalan, bersuci dan segala seluk beluknya, semuanya dimulai dengan yang kanan. (Hadis ini diriwayatkan oleh Muslim dari Aisyah RA).

Baca Juga: 4 Bentuk Kemusyrikan Abad Modern, Nomor Terakhir yang Banyak Pengemarnya

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x