Penelitian Ahli Ungkap Kurangi Asupan Garam Bantu Cegah Resiko Diabetes Tipe 2

- 22 November 2023, 18:16 WIB
Tangkap Layar/mayoclinic/Garam Dapur
Tangkap Layar/mayoclinic/Garam Dapur /

BAGIKAN BERITA – Garam merupakan salah satu bahan dapur yang umum digunakan untuk memberikan rasa pada makanan. Namun, seiring dengan peningkatan kesadaran akan pola makan sehat, perhatian terhadap asupan garam juga semakin meningkat.

Garam memiliki peran penting dalam fungsi tubuh, tetapi konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk memahami asupan garam dan menjaga keseimbangannya untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Namun demikian, sebuah penelitian baru yang dilakukan Tulane University mengemukakan bahwa mengurangi asupan garam dapat membantu mencegah resiko terkena diabetes tipe 2.

Penelitian yang diterbitkan pada 1 November di Mayo Clinic Proceedings ini merupakan penelitian pertama yang menyelidiki hubungan antara penanda perilaku menambahkan garam ke dalam makanan dan resiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Jenderal Agus Subiyanto Resmi Menjadi Panglima TNI, Presiden Jokowi Pimpin Ambil Sumpah

“Kita sudah tahu bahwa membatasi garam dapat mengurangi risiko penyakitkardiovaskular dan hipertensi,” ujar penulis utama studi, Dr. Lu Qi, PhD, direktur Tulane University Obesity Research Center dan profesor di School of Public Health and Tropical Medicine, dalam siaran persnya.

“Namun penelitian ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa tidak mengonsumsi garam juga dapat membantu mencegah diabetes tipe 2,” sambung dia dikutip dari laman Healthline, Rabu 22 November 2023.

Meskipun para peneliti mencatat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami alasan konsumsi garam berlebih memengaruhi resiko diabetes, penelitian tersebut menemukan hubungan antara asupan garam yang lebih banyak dan indeks massa tubuh yang lebih tinggi.

Baca Juga: Jadwal SCTV, Rabu 22 November2023, Simak SCTV Awards 2023, Takdir Cinta Dua Hati, Bidadari Syurgamu

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x