Masyarakat Indonesia Ngamuk, Wayang Kulit 'Diklaim' Desainer Malaysia sebagai Warisan Budaya Negaranya

- 15 November 2021, 21:59 WIB
Kolaborasi Adidas dengan Desainer Malaysia Jaemy Choong yang mengangkat Wayang Kulit mendapat kecaman dari netizen Indonesia.
Kolaborasi Adidas dengan Desainer Malaysia Jaemy Choong yang mengangkat Wayang Kulit mendapat kecaman dari netizen Indonesia. /tangkap layar Instagram @adidassg

 

BAGIKAN BERITA – Akun Instagram resmi Adidas Singapura @adidassg merilis model sepatu baru dengan desiner wayang kulit.

Dalam unggahannya, Adidas Singapura menuliskan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan Desiner Malaysia, Jaemy Choong dalam sepatu dengan gambar Wayang Kulit tersebut.

Menurut alun tersebut, adanya kolaborasi tersebut sebagi penghormatan kepada wayang Kulit yang menjadi warisan budaya Malaysia.

Baca Juga: Selain untuk Kecantikan, Minyak Zaitun juga Memiliki 5 Efek yang Dahsyat Untuk Kesehatan

"Desainnya berbicara tentang penghormatan kepada wayang kulit, bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia," tulisnya.

"Dengan menggabungkan unsur-unsur dengan palet warna modern, dalam pendekatan "lama-bertemu-baru"," kata mereka di akun Instagram @adidassg.

Dijelaskan bahwa desain terbaru tersebut memadukan antara wayang kulit sebagai identitas tradisional yang ada sejak dahulu, dengan pewarnaan modern untuk anak muda.

Baca Juga: Sudah Dua Bulan, Kasus Pembunuhan Subang Belum Terungkap, Kapolda Baru Jawa Barat Janji Lakukan Hal Ini

Hal ini tentu memancing reaksi keras dari netizen Indonesia yang tak terima wayang kulit “diklaim” oleh desainer Malaysia.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x