4 Dosa Syirik yang Tidak Terasa dan Sering Kita Jumpai di Kehidupan Sehari-hari: Waspada!

- 9 Oktober 2021, 22:16 WIB
Ilustrasi tukang ramal yang mengetahui perkara gaib*
Ilustrasi tukang ramal yang mengetahui perkara gaib* / Pixabay.com/

BAGIKAN BERITA - Arti syirik adalah menyembah dan mentaati sesuatu selain Allah, termasuk di dalamnya adalah mempercayai, mempergunakan, serta berpartisipasi dalam kegiatan yang melibatkan makhluk gaib. Kegiatan ini sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, syirik merupakan dosa besar sebagaimana diterangkan dalam keterangan berikut. “Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: ‘Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan (Allah) sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kedzaliman yang besar.” (Q.S. Lukman [31]:13).

Disadari atau tidak, syirik telah menjalar ke segala aspek kehidupan manusia abad ini. Bentuknya bisa beragam, mulai dari hiburan, pengobatan, sampai gaya hidup yang mereka anggap lebih modern.

Baca Juga: Buruan Daftar, PNM Mekaar Plus Siap Beri Pinjaman hingga Rp25 Juta, Khusus Perempuan, Ini Caranya

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda waspadai karena merupakan bentuk Syirk yang tidak terasa dan sering kita jumpai di kehiduoan sehari-hari.

1. Ramalan.
Yang disebut ilmu bintang, horoskop, zodiak dan rasi bintang termasuk di antara amalan jahiliyah.

Ketahuilah bahwa Islam datang untuk menghapus ajaran tersebut dan menjelaskan akan kesyirikannya.

Baca Juga: Newcastle United Dimiliki Konsorsium Milik Mohammed bin Salman, Hatice Cengiz Tunangan Jamal Khashoggi Murka

Karena di dalam ajaran tersebut terdapat ketergantungan pada selain Allah, ada keyakinan bahwa bahaya dan manfaat itu datang dari selain Allah, juga terdapat pembenaran terhadap pernyataan tukang ramal yang mengaku-ngaku mengetahui perkara ghaib dengan penuh kedustaan, inilah mengapa disebut syirik.

Tukang ramal benar-benar telah menempuh cara untuk merampas harta orang lain dengan jalan yang batil dan mereka pun ingin merusak akidah kaum muslimin.

Halaman:

Editor: Ali Bakti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x