Taliban Kuasai Afghanistan, Militer Amerika Serikat Tinggalkan Kabul dan Angkut Ratusan Warga Afghanistan

- 17 Agustus 2021, 20:40 WIB
Beredar foto viral yang menampilkan lebih dari 600 warga Afghanistan menumpangi pesawat militer AS untuk kabur dari negaranya pasca Taliban mengambil alih.
Beredar foto viral yang menampilkan lebih dari 600 warga Afghanistan menumpangi pesawat militer AS untuk kabur dari negaranya pasca Taliban mengambil alih. /Dok. Reuters

BAGIKAN BERITA-Setelah Afghanistan dikuasai oleh Taliban, pasukan Militer Amerika Serikat (AS) mulai meninggalkan ibukota Kabul.

Selain itu pesawat militer Amerika Serikat mengangkut lebih dari 600 warga Afghanistan diantaranya anak-anak yang berdesakan dilantai pesawat yang kini dikuasai Taliban.

Sementara itu terdapat sebuah foto yang memperlihatkan warga sipil Afghanistan --beberapa membawa koper, lainnya memegang botol susu bayi-- di dalam pesawat kargo C-17 menjadi viral di media sosial.

Baca Juga: Kondisi Afganistan Kondusif, Dubes Rusia: Taliban Jauh Lebih Baik Daripada Dipimpin Ashraf Ghani

Menurut seorang pejabat AS terdapat sekitar 640 orang bersusah payah menaiki pesawat itu pada Minggu, ketika ribuan orang yang putus asa ingin meninggalkan Afghanistan mendatangi bandara Kabul.

"Jumlah penumpang yang biasanya tak setinggi itu adalah dampak dari situasi keamanan dan perlu segera diputuskan oleh kru yang memastikan mereka dikeluarkan dengan cepat dari negara itu," kata pejabat tersebut.

Sedangkan menurut pembuat pesawat, Boeing, C-17 Globemaster III dapat membawa 134 penumpang, termasuk 54 orang di kursi samping dan 80 orang di lantai.

Baca Juga: Ratusan Tentara Afghanistan Kocar-kacir Melarikan Diri ke Uzbekistan saat Taliban Menguasai Kota Kabul

Dalam laporannya Banyak warga Afghanistan berusaha memanjat ke pesawat lewat pintu yang setengah terbuka, sebelum pesawat tinggal landas menuju Qatar dengan penumpang terbanyak yang pernah diangkut oleh pesawat semacam itu, kata situs pertahanan dan keamanan AS Defense One dalam sebuah berita.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x