Jokowi Peringatkan Bupati, Wali Kota hingga Gubernur Jangan Lockdown Jika yang Positif Covid Hanya Satu Orang

- 11 Februari 2021, 18:42 WIB
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)./YouTube/Sekretariat Presiden RI
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada saat memberikan sambutan dalam acara Musyawarah Nasional (Munas) VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)./YouTube/Sekretariat Presiden RI /

BAGIKAN BERITA -Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperingatkan seluruh kepala daerah, seperti bupati, wali kota dan gubernur agar serius menerapkan mikro lockdown.

Menurut Jokowi, Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) harus melihat kondisi dan sesuai keadaan di lapangan. 

Tujuan Mikro lockdown atau PPKM merupakan Instruksi Mendagri No.1/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 merupakan hasil koordinasi dari kementerian/lembaga. Di antaranya, Satgas Covid, Menko Kemaritiman dan Investasi , Menteri Ekonomi, Menko PMK, Menko Polhukam dan Menkes. 

Baca Juga: Mengenali Makna dan Tujuan Perayaan Imlek

PPKM dilakukan dalam skala mikro mencakup lingkup kampung, desa, RW, atau RT. Jokowi tak mau satu ada satu kota di-lockdown padahal yang terkena virus corona hanya seorang saja di satu RT.

"Jangan sampai yang terkena virus hanya satu orang dalam satu RT, yang di-lockdown seluruh kota," ujar Jokowi.

"Jangan sampai yang terkena virus misal satu kelurahan, yang di-lockdown seluruh kota, untuk apa. Yang sering keliru kita di sini," lanjutnya dalam Pembukaan Musyawarah Nasional VI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dari Istana Negara Jakarta, Kamis, 11 Februari 2021.

Agar upaya lebih intensif dan hasilnya maksimal, kata Jokowi, pekan lalu pemerintah kemudian bekerja lebih detail dengan menerapkan mikro lockdown atau lockdown skala mikro.

Baca Juga: LIVE STREAMING Ikatan Cinta Malam Ini, Tangis Aldebaran Pecah Lihat Andin Depresi

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Galamedia News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x