Siap-siap Bulan Ini Udara di Jakarta Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

- 2 September 2020, 20:31 WIB
Prakiraan cuaca di DKI Jakarta siang hari, cerah berawan
Prakiraan cuaca di DKI Jakarta siang hari, cerah berawan /BMKG /

BAGIKAN BERITA -Memasuki bulan September ini di wilayah DKI Jakarta akan memasuki kemarau.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) awal musim kemarau ditandai dengan udara panas yang dirasakan warga Ibu Kota.

Kondisi tersebut mengakibatkan udara yang dirasakan oleh masyarakat menjadi panas dan gerah pada siang hari dan terasa dingin menjelang pagi serta dini hari.

Baca Juga: Waspada, Ginjal Bisa Bermasalah Jika Melanggar Hal Berikut


"September merupakan periode puncak kemarau di sebagian besar pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara, pada periode tersebut cuaca yang paling dominan adalah cuaca cerah atau berawan, dimana sedikit sekali jumlah awannya," ujar Kepala Staf Sub Bidang Analisis Informasi Iklim BMKG Pusat, Adi Ripaldi kepada ANTARA di Jakarta, Kamis.


Lebih lanjut Ripaldi mengatakan, Kondisi ini dikarenakan sedikitnya jumlah awan sehingga sinar matahari maksimum jatuh ke darat, hal ini yang membuat masyarakat yang tengah beraktivitas di luar merasa panas yang menyengat.

"Ditambah pula saat musim kemarau yang kering partikular debu cukup banyak bertebaran di udara menambah rasa gerah kala siang hari," katanya.

Baca Juga: 56 Orang Gay Mengadakan Pesta di Apartemen Kuningan, Modusnya Pesta Kemerdekaan

Namun, lanjut Ripaldi, kondisi sebaliknya dirasakan pada malam hari dan menjelang dini hari, udara terasa dingin sekali karena bumi sudah mengembalikan energi panasnya ke atmosfer dengan begitu cepat karena tidak terhalang awan-awan pada malam atau dini hari.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x