Kelompok Tani Pangkalan Desa Cilembu Sumedang Mengikuti Pelatihan Edukasi Pelestarian Lingkungan

- 16 November 2023, 22:15 WIB
Kelompok Tani Pangkalan Desa Cilembu Sumedang Mengikuti Pelatihan Edukasi Pelestarian Lingkungan
Kelompok Tani Pangkalan Desa Cilembu Sumedang Mengikuti Pelatihan Edukasi Pelestarian Lingkungan /

BAGIKAN BERITA- Kelompok Tani Pangkalan desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang mengikuti pelatihan 'Edukasi Pelestarian Lingkungan Bagi Kelompok Tani Desa Cilembu'  pada Rabu 15 November 2023.

 Pelatihan  workshop ke 4 Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kerjasama PT Pos Indonesia dan Universitas Padjadjaran ini menghadirkan nara sumber Dr. Iriana Bakti selaku dosen Fikom Universitas Padjajaran dan juga Dr. M Fatah Wiyatna selaku dosen Peternakan Universitas Padjadjaran. 

Dalam Workshop Edukasi Pelestarian Lingkungan tersebut, Iriana Bakti menjelaskan kepada kelompok tani Pangkalan Desa Cilembu bahwa setiap kehidupan ini tidak terlepas dengan komunikasi. Kaitannya dengan kegiatan ini, dalam komunikasi lingkungan dikatakan bahwa setiap orang yang berkomunikasi itu ujung-ujungnya harus terbangun harmonisasi antara manusia dengan lingkungan sekitarnya. 

Baca Juga: Keuntungan Meningkat, Produk Lokal dan UMKM Paling Diburu di Shopee 11.11 Big Sale

"Nantinya akan ada penanaman pohon, pohon merupakan simbol komunikasi, mungkin selama ini kita memandang pohon adalah sebuah benda yang ada batangnya, ada akarnya dan daunnya. Kalau ditanam dan dipelihara akan menghasilkan sesuatu, " ujar Iriana. 

 

Menurut Iriana, supaya tanah itu produktif harus ditanami pohon. Pohon itu tidak semata-mata ditanam, dipelihara sudah saja. Ternyata tidak hanya itu, terkait dengan komunikasi lingkungan kita harus belajar dengan pohon. 

 

" Apa pembelajaran dari pohon itu adalah akar, tidak mungkin pohon tumbuh kalau tidak ada akar, padahal akar itu sembunyi didalam tanah. Tapi dari akar itu pohon bisa tumbuh batangnya, daunnya bisa rindang bahkan buahnya bisa lebat.,"katanya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x