Australia Tawarkan Bantuan ke Amerika Evakuasi Tentara dan Warganya dari Afghanistan Jika Lewat 31 Agustus

- 23 Agustus 2021, 19:22 WIB
Pejuang Taliban memegang senapan serbu M16 berdiri di luar Kementerian Dalam Negeri di Kabul, Afghanistan, 16 Agustus 2021.
Pejuang Taliban memegang senapan serbu M16 berdiri di luar Kementerian Dalam Negeri di Kabul, Afghanistan, 16 Agustus 2021. /Reuters/Stringer/

BAGIKAN BERITA – Pasca pendudukan Taliban di Ibu Kota Afghanistan, Kabul, Amerika secara bertahap mengevakuasi warga negaranya yang berada di Kabul.

Selain warga negara, Amerika juga mengevakuasi tentaranya yang masih tertinggal di Afghanistan.

Namun, setelah 31 Agustus mendatang, Amerika akan menunda penarikan evakuasi dari Kabul. Australuas sendiri menawarkan bantuan kepada Amerika untuk mengevakuasi warganya.

Baca Juga: Bandara Kabul Afghanistan Rusuh, Terjadi Baku Tembak Antara Tentara Asing Vs Pria Bersenjata Diduga Taliban

Presiden AS Joe Biden pekan lalu mengatakan pasukan AS kemungkinan bertahan di Afghanistan hingga melewati batas waktu 31 Agustus untuk mengevakuasi warga Amerika.

Australia sendiri telah mengevakuasi sekitar 1.000 warganya dan warga negara Afghanistan dari Kabul dalam sepekan terakhir.

Payne menyatakan Australia siap mendukung penerbangan penyelamatan lebih lanjut.

Baca Juga: Disinyalir Motif Ekonomi, China Dekati Taliban karena Afghanistan Miliki Kekayaan Tambang Melimpah

"Kami menjadi bagian dari pembahasan itu dan jika evakuasi diperpanjang, kami pastinya siap mendukung operasi lanjutan di Bandara Internasional Hamid Karai," kata Payne kepada wartawan di Canberra.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x