Wapres Amerika Serikat Kamala Harris Tuduh China Melakukan Intimidasi dan Pemaksaan di Laut China Selatan

- 24 Agustus 2021, 15:41 WIB
Wakil Presiden AS Kamala Harris. Wakil Presiden AS Kamala Harris menyampaikan pidato di Gardens by the Bay di Singapura sebelum berangkat ke Vietnam dalam perjalanan kedua ke Asia Tenggara.
Wakil Presiden AS Kamala Harris. Wakil Presiden AS Kamala Harris menyampaikan pidato di Gardens by the Bay di Singapura sebelum berangkat ke Vietnam dalam perjalanan kedua ke Asia Tenggara. /Reuters/

BAGIKAN BERITA - Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris melakukan kunjungan ke Singapura pada Selasa 24 Agustus 2021.

Sebelumnya, Harris juga telah melakukan serangkaian kunjungan ke Vitenam dalam agenda kerja ke Asia Tenggara.

Dalam kunjungan tersebut, Harris mengatakan, Laut China Selatan merupakan kawasan yang sangat penting bagi keamanan Amerika Serikat.

Baca Juga: Nino Kecelakaan hingga Kritis Saat Selamatkan Reyna, Hati Aldebaran dan Andin Mulai Tersentuh di Ikatan Cinta

Namun, China selalu melakukan pemaksaan dan intimidasi untuk mendukung klaim yang tak berbasis hukum di Laut China Selatan.

Perjalanan Harris yang berlangsung selama tujuh hari, mencakup kunjungan ke Singapura dan Vietnam, bertujuan untuk melawan pengaruh China di tataran global dan menanggapi kekhawatiran terkait klaim China terhadap area-area Laut China Selatan yang disengketakan.

Mengalihkan perhatian dan sumber daya ke kawasan telah menjadi titik pusat pemerintahan Presiden Joe Biden, saat pihaknya berpaling dari konsentrasi keamanan lama dengan penarikan tentara AS dari Afghanistan.

Baca Juga: Cek Penerima BPUM di banpresbpum id Dapatkan Rp1,2 Juta

Pemerintahan AS itu menyebut persaingan dengan China sebagai “ujian geopolitik terbesar” dalam abad ini dan Asia Tenggara telah melihat sejumlah kunjungan tingkat tinggi oleh sejumlah pejabat pemerintah, termasuk Menteri Pertahanan Lloyd Austin.

Halaman:

Editor: Ahmad Taofik

Sumber: Reuters ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x