Pentingnya Mengenal Bagian Komponen Rem Cakram Sepeda Motor

- 27 September 2023, 21:37 WIB
Rem cakram pada motor. Instagram/@arimorenoii
Rem cakram pada motor. Instagram/@arimorenoii /

BAGIKAN BERITA-Setiap kendaraan memiliki perangkat pengereman yang bekerja untuk memperlambat dan menghentikan putaran roda sehingga laju kendaraan dapat diturunkan dan dihentikan. Setiap sepeda motor dilengkapi dengan rem depan dan rem belakang. 

Namun untuk sistem pengereman terdapat 2 jenis pengereman, diantaranya rem tromol dan juga cakram. Cara kerja rem cakram adalah beberapa komponen yang terbilang cukup kompleks menjepit sebuah media berupa piringan atau cakram sehingga roda yang berputar dapat diperlambat atau dihentikan secara sempurna.

Karena ada banyak komponen pada sistem pengereman model cakram untuk itu, berikut ini beberapa nama komponen pada perangkat pengereman model cakram , diantaranya :

Baca Juga: Kamu Harus Tahu! Inilah Tips Belajar Sepeda Motor Menggunakan Kopling Manual

1. Caliper : Komponen ini berfungsi untuk mengubah tekanan hidrolik menjadi energy gerak berupa tekanan.

2. Piston : Pada sistem rem cakram, piston berfungsi untuk menekan plat kampas rem sehingga kampas rem bisa menjepit cakram secara merata. Komponen ini berbentuk silinder.

3. Cakram : Cakram atau disc berfungsi sebagai media yang akan bergesekan dengan kampas rem agar putaran roda dapat dihentikan. Komponen ini menempel pada velg dan menjadi satu kesatuan yang bisa dilepas dan dipasang kembali.

4. Piston Seal : Komponen berbahan karet ini bekerja untuk mencegah terjadinya kebocoran minyak rem pada caliper.

5. Nipple Bleed : Komponen ini berfungsi untuk membuang kandungan udara yang ada dalam sistem hidrolik rem.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x