Mengenal Serba-serbi Laporan Keuangan: Pengertian, Tujuan, Karakteristik

- 29 Juni 2022, 19:12 WIB
Ilustrasi laporan keuangan.
Ilustrasi laporan keuangan. /Pixabay/ mohammed_hassan/

BAGIKAN BERITA - Financial statement atau biasa disebut dengan laporan keuangan adalah hasil akhir dari suatu proses pencatatan kegiatan transaksi keuangan di dalam sebuah perusahaan. Financial statement ini menggambarkan keadaan keuangan perusahaan dalam satu periode akuntansi, sekaligus gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan.

Keuangan merupakan unsur terpenting dalam sebuah bisnis, karena menjadi penentu apakah usaha akan berkembang atau sebaliknya. Dalam membangun bisnis dari awal dibutuhkan akuntan atau seorang yang bisa mengelola keuangan bisnis secara terampil dan berpengalaman. Namun begitu, tak semua orang mengetahui pengertian dan pentingnya laporan keuangan.

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan disebut juga sebagai produk akhir dari proses akuntansi di dalam perusahaan pada satu periode tertentu. Dengan informasi yang ada di dalamnya adalah hasil pengumpulan sekaligus pengolahan data keuangan, tujuannya membantu perusahaan untuk membuat keputusan atau kebijakan yang tepat.

Baca Juga: Isi Pertalite dan Solar di SPBU Harus Pakai Aplikasi MyPertamina, Begini Penjelasan Lengkapnya

Laporan kegiatan usaha adalah penyampaian informasi sehingga tercipta komunikasi antara yang melaporkan dan pihak yang diberi laporan. Laporan pelaksanaan kegiatan hendaknya bersifat komunikatif, jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak.

Agar menjadi komunikatif sebaiknya laporan pelaksanaan kegiatan usaha harus disusun dalam bahasa yang lugas dan mudah dimengerti. Dikatakan logis apabila segala keterangan yang dianalisis dapat diteliti alasan-alasannya, apakah laporannya masuk akal atau tidak.

Dikatakan sistematis apabila keterangan keterangan yang dikemukakan didalam laporan pelaksanaan kegiatan usaha disusun dalam urutan yang memperlihatkan adanya saling keterkaitan. Laporan pelaksanaan dikatakan lugas apabila bahasa yang digunakan langsung menjawab persoalan yang nyata dan tidak bertele-tele dan berdasarkan fakta.

Baca Juga: Lusa, Rakyat Harus Gunakan Aplikasi MyPertamina untuk Beli Pertalite dan Solar, Ini Link Daftarnya

Fakta yang disajikan merupakan bahan ataupun keterangan dari informasi yang memang dibutuhkan. Berdasarkan dari suatu bukti objektif yang dilakukan, dilihat, didengar dan dirasakan oleh pelapor setelah dia melaksanakan suatu kegiatan.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x