Inilah Nama Alat Musik Tradisional, Asal Daerah, Cara Main di Materi Tema 1 untuk Kelas 4 SD atau MI

- 17 Juli 2021, 19:31 WIB
ILUSTRASI: Daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan asal daerah, cara memainkan, dan cara menghasilkan bunyi.
ILUSTRASI: Daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan asal daerah, cara memainkan, dan cara menghasilkan bunyi. /PIXABAY/christopher1710

BAGIKAN BERITA - Inilah Tema 1 kelas 4 SD dan MI pada halaman 11 yang akan belajar mengenai nama alat musik tradisional yang perlu adik-adik ketahui bersama.

Di artikel ini, adik-adik akan belajar Tema 1 untuk kelas 4 SD juga MI pada halaman 11. Nantinya adik-adik semua diminta menuliskan nama alat musik tradisional, daerah asal, cara memainkan dan cara bagaimana terjadinya bunyi pada alat musik tersebut.

Untuk adik-adik supaya makin memahami alat musik tradisional yang dimiliki Indonesia, jangan lupa dibaca dan disimak dengan seksama ya.

Baca Juga: Tren Konten Edukasi Meningkat, TikTok Gelar Kompetisi Untuk Berbagi Pengetahuan

Pada materi ini sesuai pada Buku Tematik Tema 1 kelas 4 SD dan MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan dari Kemendikbud.

Selain itu, pembahasan tersebut dikutip Bagikanberita.com via KabarLumajang.com dari Online 101 Class Official.

Sebagai informasi untuk adik-adik semua, Indonesia selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, negara kita juga kaya akan jenis alat musik.

Supaya makin tahu, berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Adapun cara memainkannya berbeda-beda. Misalnya saja alat musik kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.

Masih dari Jawa Barat, alat musik angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan,  saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup, kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi dan Literasi Data Base bagi Tendik, Para Dosen Muda UNJ Gelar Pengabdian pada Masyarakat

Halaman:

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Kabar Lumajang


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X