Inilah Nama Alat Musik Tradisional, Asal Daerah, Cara Main di Materi Tema 1 untuk Kelas 4 SD atau MI

- 17 Juli 2021, 19:31 WIB
ILUSTRASI: Daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan asal daerah, cara memainkan, dan cara menghasilkan bunyi.
ILUSTRASI: Daftar nama alat musik tradisional di Indonesia lengkap dengan asal daerah, cara memainkan, dan cara menghasilkan bunyi. /PIXABAY/christopher1710

BAGIKAN BERITA - Inilah Tema 1 kelas 4 SD dan MI pada halaman 11 yang akan belajar mengenai nama alat musik tradisional yang perlu adik-adik ketahui bersama.

Di artikel ini, adik-adik akan belajar Tema 1 untuk kelas 4 SD juga MI pada halaman 11. Nantinya adik-adik semua diminta menuliskan nama alat musik tradisional, daerah asal, cara memainkan dan cara bagaimana terjadinya bunyi pada alat musik tersebut.

Untuk adik-adik supaya makin memahami alat musik tradisional yang dimiliki Indonesia, jangan lupa dibaca dan disimak dengan seksama ya.

Baca Juga: Tren Konten Edukasi Meningkat, TikTok Gelar Kompetisi Untuk Berbagi Pengetahuan

Pada materi ini sesuai pada Buku Tematik Tema 1 kelas 4 SD dan MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan dari Kemendikbud.

Selain itu, pembahasan tersebut dikutip Bagikanberita.com via KabarLumajang.com dari Online 101 Class Official.

Sebagai informasi untuk adik-adik semua, Indonesia selain kaya akan budaya, tarian, dan makanan khas daerah, negara kita juga kaya akan jenis alat musik.

Supaya makin tahu, berikut adalah contoh alat musik yang dimiliki oleh berbagai suku di Indonesia. Adapun cara memainkannya berbeda-beda. Misalnya saja alat musik kecapi yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara dipetik.

Masih dari Jawa Barat, alat musik angklung yang berasal dari Jawa Barat dimainkan dengan cara digoyangkan,  saluang yang berasal dari Sumatra Barat dimainkan dengan cara ditiup, kendang yang berasal dari Jawa Barat dan Tifa dari Papua dimainkan dengan cara dipukul.

Baca Juga: Tingkatkan Kompetensi dan Literasi Data Base bagi Tendik, Para Dosen Muda UNJ Gelar Pengabdian pada Masyarakat

Untuk itu, tulislah nama alat musik tradisional lain yang adik-adik ketahui. Jelaskan juga asal alat musik itu, cara memainkannya, juga cara terjadinya bunyi pada alat musik tersebut.

1. Alat Musik: Suling

Daerah Asal: Jawa Barat

Cara Memainkan dan Cara Menghasilkan Bunyi: Alat tersebut dimainkan dengan cara ditiup sehingga menimbulkan getaran udara dalam suling, getaran tersebut menghasilkan bunyi.

2. Alat Musik: Sarune

Daerah Asal: Aceh

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: Ditiup dan menggunakan jari untuk mengantur nada yang ada di lubang sarune.

3. Alat Musik: Aramba

Daerah Asal: Nias

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: Dipukul dengan menggunakan pemukul.

4. Alat Musik: Tifa

Daerah Asal: Maluku dan Papua

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: Dipukul di bagian yang terdapat dari kulit. Getaran dan membran akan menggetarkan udara yang ada di dalam tabung.

Baca Juga: Link Pengumuman Hasil Seleksi CBT 2 Jalur Mandiri UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2021, Segera Cek di Sini

5. Alat Musik: Angklung

Daerah Asal: Jawa Barat

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: menggoyangkan batang bambu. Benturan tabung besar dan tabung kecilmenyebabkan getaran yang menghasilkan bunyi.

6. Alat Musik: Kecapi

Daerah Asal: Jawa Barat

Cara memainkan dan cara menghasilkan bunyi: Sebuah kotak kayu yang di atasnya terdapat senar. Senar yang dipetik menyebabkan getaran di dalam kotak kayu dan menghasilkan bunyi.*** (Aprilia Tri Wahyu Ningrum/ Kabarlumajang.com)

Artikel ini telah tayang sebelumnya di Kabarlumajang.com pada tanggal 11 Juli 2021 dengan judul: Tulislah Nama Alat Musik Tradisional, Daerah Asal, Cara Memainkannya pada Materi Tema 1 Kelas 4 SD dan MI. 

Editor: Hendra Karunia

Sumber: Kabar Lumajang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x