Pemanfaatan Daun Singkong Jadi Bahan Makanan Modern di Desa Bumiwangi Bersama STP ARS Internasional

- 5 Desember 2023, 10:27 WIB
Pemanfaatan Daun Singkong Menjadi Bahan Makanan Modern dan Stimulus UMKM di Desa Bumiwangi Bersama STP ARS Internasional
Pemanfaatan Daun Singkong Menjadi Bahan Makanan Modern dan Stimulus UMKM di Desa Bumiwangi Bersama STP ARS Internasional /

BAGIKAN BERITA- Pemanfaatan daun singkong ini merupakan sebuah peran pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Sekolah Tinggi Pariwisata ARS Intenasional, Bandung. Pengabdian ini diwujudkan untuk mempengaruhi pembangunan dan pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Bumiwangi. 

 

Melihat dampak yang cukup besar dari adanya pandemi Covid-19. Penurunannya daya beli konsumen menjadi salah satu tantangan pelaku UMKM dalam menjalankan produksi usahanya. Maka dari itu, perlunya inovasi baru dalam pemanfaatan sumber daya yang efiesien biaya dan pemberdayaan masyarakat pelaku UMKM dalam mencoba inovasi baru terhadap produk jualannya serta sekaligus bisa untuk pembudidayaan tanaman yang akan dipakai menjadi bahan olahan.

 

Kontribusi baik ini adalah hasil dari pemanfaatan dana hibah, untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM Desa Bumiwangi. Peran peningkatan pendapatan ini selanjutnya akan meningkatkan pendapatan rumah tangga masyarakat di Desa Bumiwangi serta meningkatkan juga kesejahteraan masyarakat disana. Karena semakin banyak pembangunan UMKM disana, semakin banyak juga penciptaan lapangan kerja disana, hal tersebut merupakan salah satu upaya dalam program pemberdayan UMKM. Secara keseluruhan bantuan dana hibah pada pengabdian masyarakat ini telah digunakan dengan baik, meskipun pelaksanaannya masih terdapat kendala.

 Baca Juga: Rincian Kode Promo Gojek dan Grab Hari Ini Selasa 5 Desember 2023, Musim Hujan Cocok Pakai Gocar Ada Diskon

Pengimplementasian kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dari bulan mei - Desember 2023. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh 3 Dosen Pembimbing yaitu Faizal Hamzah, S.E., M.M (Ketua Tim), Yosef Abdul Ghani, S.E., M.M (anggota dosen) dan Sopa Martina, S.E.Par., M.M (anggota dosen) di Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. 

 

Kegiatan ini juga diikuti oleh 10 mahasiswa-mahasiswi STP ARS Internasional yaitu Alfian Ridwan Fauzi, Amanda Diva Aprilia, Annisa Dwi Iffahmi, Aprileisya Airene Syahputri, Aprilia Barek Tena, Isni Layla, Revaldi, Santi Sagita Julianti, Sharon Rosie Shallomitha dan Tema Emiliana. 

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x