Peneliti Unpad Hanny Hafiar: Sportivitas Atlet Dijadikan Konten di Medsos Bisa Meredam Tawuran Antar Suporter

- 23 September 2023, 19:55 WIB
Peneliti Unpad Hanny Hafiar: Sportivitas Atlet Dijadikan Konten di Medsos Bisa Meredam Tawuran Antar Suporter
Peneliti Unpad Hanny Hafiar: Sportivitas Atlet Dijadikan Konten di Medsos Bisa Meredam Tawuran Antar Suporter /Unpad/

BAGIKAN BERITA-Tawuran antar suporter olahraga di tanah air kerap kali terjadi, terutama suporter sepakbola. Tidak hanya di lapangan, tawuran antar suporter melalui media sosial juga kini semakin sering terjadi.  Terkait hal tersebut, Peneliti Universitas Padjadjaran Hanny Hafiar menghimbau atlet tanah air untuk aktif mengelola reputasi online. 

Selain berprestasi di bidangnya, menurut peneliti Unpad Hanny Hafiar, para atlet perlu aktif memanfaatkan media sosial. Bahkan, temuan risetnya menemukan sportivitas atlet di lapangan yang dijadikan konten di media sosial berpotensi mampu meredam potensi perang antar-suporter.

Hanny Hafiar, Dosen Prodi Hubungan Masyarakat-Fikom Unpad ini menekankan perlunya athlete branding strategy di Indonesia. Mengutip hasil kajian Akiko Arai, lanjutnya, athlete branding strategy memiliki tiga dimensi yakni athlete performance, athlete appearance, dan marketing lifestyle.

Baca Juga: Polman Bandung Gelar Lomba Nasional Cad Cam, Diikuti 143 Peserta dari Seluruh Politeknik di Indonesia

Peneliti Unpad Hanny Hafiar mengkritik konten media sosial atlet Indonesia lebih ke arah atlet appearance & marketing lifestyle. Foto atau visualisasi di medsos lebih banyak bersifat penonjolan penampilan diri.

“Saat ini supporter remaja di Indonesia lebih menyukai konten yang bersifat athlete performance di media sosial. Secara umum memang eksposure informasi yang berisi athlete performance berpengaruh pada peningkatan sportivitas supporter olahraga. Para supporter cenderung meniru karakteristik atlet favorit mereka,” jelasnya dalam podcast Hasil Riset dan Diseminasi (HaRD Talk) Universitas Padjadjaran yang diunggah pada kanal YouTube @unpad.

Dia melanjutkan, athlete performance terbagi atas empat indikator yakni kemampuan olahraga (athletic expertise), keunikan gaya bertanding (competition retile), sportivitas (sportsmanship), dan persaingan (rivalry).

Baca Juga: Penting Diketahui, 4 Tips Badan Tetap Sehat Selama Berpuasa Ramadan

“Diantara keempat indikator tersebut, hasil riset kami menunjukkan suporter Indonesia lebih menyukai konten media sosial yang bertema sportivitas dan rivalry,” paparnya.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x