Pemanfaatan Smart Home sebagai Solusi Praktis saat Menjelang Liburan atau Mudik Ramadan

- 3 April 2024, 14:08 WIB
Pemanfaatan Smart Home sebagai Solusi Praktis saat Menjelang Liburan atau Mudik Ramadan
Pemanfaatan Smart Home sebagai Solusi Praktis saat Menjelang Liburan atau Mudik Ramadan /

BAGIKAN BERITA-Mudik atau pulang ke kampung halaman menjadi ritual tahunan masyarakat Indonesia setiap menjelang lebaran. Pada umumnya masyarakat melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman untuk merayakan hari raya bersama keluarga.

Tradisi mudik ini sudah menjadi budaya bagi sebagian Masyarakat Indonesia khususnya Masyarakat yang tinggal di perantauan. Berbagai pilihan moda transportasi pun juga banyak, mulai dari pesawat terbang untuk para pemudik yang melakukan perjalanan lintas provinsi atau pulau, kereta api, bus dan kapal.

Pulang kampung halaman atau mudik terkadang membuat sebagian Masyarakat menjadi cemas karena pada saat mudik tentunya akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Tidak menutup kemungkinan rumah kita akan menjadi incaran orang-orang yang tidak bertanngung jawab. Untuk itu, penting sebelum menuju kampung halaman atau mudik, sebaiknya pastikan dahulu kondisi rumah yang ditinggalkan dalam keadaan baik dan aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Semakin Dekat dengan Warga Bandung Timur, OPPO Experience Store Hadir di Summarecon Mall Bandung

PLN Icon Plus memberikan Solusi agar dapat meminimalisir resiko tersebut, dengan memanfaatkan Smart Home system atau teknologi rumah pintar, yang dimana semua peralatan dan perangkat rumah dapat dikontrol secara otomatis dari jarak jauh atau dari mana saja melalui koneksi internet (ICONNET).

Kita dapat memasang CCTV atau Smart Camera baik itu indoor ataupun outdoor untuk mengecek keadaan rumah secara real time, memasang smart loock door untuk mendapatkan keamanan ekstra serta smart lamp untuk mengelola dan mengontrol keadaan lampu dari jarak jauh.

Salah satu produk Smart Home ini mudah didapatkan di aplikasi Smarthome Plus. Aplikasi ini dapat di unduh melalui Play Store (Android) dan Apps Store (IOS). Smarthome Plus merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengendalikan berbagai perangkat Smart Home yang ada di rumah.

Baca Juga: Tips Merawat MacBook Pro agar Awet dan Tahan Lama

Kita dapat menemukan perangkat-perangkat pintar yang memiliki sensor seperti IR, Google Nest, Door Lock, Smart Switch, Smart Door Bell, Plug, CCTV Indoor, CCTV Outdoor dan perangkat lainnya. Serta dapat di aplikasikan pada Televisi dan AC, dengan pemanfaatan Hub Gateway nya berupa IoT Gateway.

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x