Kelompok Tani Pangkalan Desa Cilembu Sumedang Mengikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik yang Lebih Hemat

- 1 November 2023, 13:56 WIB
Kelompok Tani Pangkalan Desa Cilembu Sumedang Mengikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik yang Lebih Hemat dan Bisa Menghasilkan
Kelompok Tani Pangkalan Desa Cilembu Sumedang Mengikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik yang Lebih Hemat dan Bisa Menghasilkan /

BAGIKAN BERITA- Kelompok tani Pangkalan yang berlokasi di desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang mengikuti pelatihan pembuatan pupuk organik cair pada Selasa 31 Oktober 2023.

Pelatihan pembuatan pupuk organik yang diikuti oleh Kelompok Tani Pangkalan di desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang ini merupakan rangkaian program CSR kerjasama antara PT Pos Indonesia dengan Universitas Padjadjaran. 

Dosen dari Fakultas Peternakan Unpad Muhamad Fatah Wiyatna, S.Pt., M.Si. memberikan materi cara pelatihan pembuatan pupuk organik kepada kelompok tani desa Cilembu Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. 

Baca Juga: Kick Off Pemberdayaan Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan Kerjasama PT Pos Indonesia dan Unpad Resmi Dimulai

Seperti diketahui Muhamad Fatah Wiyatna, S.Pt., M.Si., merupakan dosen Fakultas Peternakan Unpad yang mengembangkan konsep sistem pengelolaan sampah yang bernama Biodigester Biomethagreen. 

Sementara itu cara kerja dari sistem biomethagreen adalah sampah organik dipilah terlebih dahulu dari rumah tangga. Kemudian , sampah dimasukkan ke dalam bak digester dan dibantu oleh bakteri khusus, sampah di bak biodigester itu dapat menghasilkan gas metan yang langsung disalurkan sebagai bahan bakar biogas atau pembangkit generator listrik. Sisanya dapat menjadi limbah cair yang kaya nutrisi. Limbah tersebut bisa diolah lagi untuk dijadikan pupuk organik cair.

Menurut Fatah, pengelolaan sampah selain menggunakan  konsep Biodigester Biomethagreen, juga bisa menggunakan dalam skala prototype yang lebih kecil dan bisa diaplikasikan terhadap barang-barang bekas yang ada disekitar rumah untuk membuat pupuk organik. 

Baca Juga: PT Pos Indonesia Kolaborasi dengan Unpad Berikan Program Desa Mandiri dan Ketahanan Pangan di Desa Cilembu

"Dengan adanya program ini niatan ingin mengoptimalkan potensi yang ada di desa Cilembu Kabupaten Sumedang, dalam pertanian itu faktor keberhasilan itu bukan hanya misalkan dari bibit dan pupuk saja, ternyata yang perlu diperhatikan media tanah, " ujar Fatah saat memberikan penjelasan kepada para kelompok tani Pangkalan. 

Halaman:

Editor: Hendra Karunia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x